Apa itu PBX ?

PBX
PBX Virtual. Biasanya digunakan pada telepon berbasis IP. Dengan adanya teknologi ini masing-masing bagian dalam satu perusahaan dapat dihubungkan melalui extension. PBX Virtual ini juga bisa dihubungkan dengan telepon PSTN.

PABX apa dan bagaimana?


Banyak masyarakat yang belum mengenal betul apa sebenarnya fungsi dan cara kerja si PABX/PBX itu sendiri, disini saya mencoba menerjemahkan kegunaan PABX sejauh apa yang saya pahami, PABX adalah sebuah device atau perangkat pendukung dari telekomunikasi dalam hal ini telephone, yang tugasnya me manage lalulintas maupun interaksi komunikasi intern.
Ilustrasinya sebagai berikut, line PSTN dari penyedia jasa telekomunikasi yang masuk ke satu perusahaan/instansi akan mampir ke sebuah alat yang kita sebut PABX, nah dari PABX semua laulintas komunikasi di atur secara smart, kenapa demikian hal ini di sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, jika di perusahaan terdapat 100 unit extension/staion nah tugas sang PABX lah untuk membagi no extension, fasilitas dialnya (full akses, interlokal, local) dan sebagainya.
Pada perusahaan skala besar misalnya, kegunaan PABX ini akan sangat memberikan manfaat yang besar di samping menghemat maintenance telekomunikasi serta efektifitas kerja pun akan lebih maksimal, anda bisa banyangkan jika sebuah perusahaan yang notabene memiliki karyawan 100 orang dan dalam pekerjaanya membutuhkan line telp apakah management perusahan harus berlangganaan 100 line/nomer PSTN WOOW anda bisa bayangkan betapa repotnya maintenancenya. Olehnya dengan hadirnya PABX maka pemanfaatn telekomunikasi akan lebih efisien mulai dari lebih sedikitnya line PSTN yg di butuhkan hingga pembagian extension yang lebih sederhana.

Incoming dan Outgoing
Dalam management PABX di kenal istilah line Incoming dan Outgoing, maksud dari 2 istilah tadi adalah, line incoming adalah line PSTN yang di sediakan pengunaannya khusus untuk menerima panggilan dari luar sehingga apabila line PSTN yang di sediakan untuk menerima panggilan tdk akan cress ada tetap tersedia line untuk menerima panggilan masuk dari luar. Sedangkan line Outgoing adalah line PSTN yg di fungsikan khusus untuk melakukan panggilan ke luar, 2 line ini secara system di bedakan sehingga line PSTN yang ada dapat termanfaatkan dengan baik.

Timer
Fungsi timer di gunakan apabila perusahaan menginginkan pembatasan waktu dial guna efisiensi serta disiplin dalam memanfaatkan fasilitas komunikasi yang tentunya sesuai dengan kebijakan perusahaan, fungsi timer disini adalah meberikan batas waktu pada line Outgoing.


Akses Dial
Akses dial diberikan sesuai tingkat kegunaan fasilitas telekomunikasi setiap user, Pimpinan perusahaan contohnya akan memiliki fasilitas yang tak terbatas artinya dapat melakukan panggilan keluar tanpa ada batasan, dan lain halnya dengan staf operasional yang notabene berbeda mungkin cukup diberikan akses dial ke no Lokal aja.
Nah itu sedikit yang dapat saya bagi tentang apa dan bagaimana si PABX, untuk lebih jauhnya mungkin bisa memanfaatkan fasilitas komentar, saya akan berusaha membagi pengetahuan saya tentang PABX sejauh apa yang saya ketahui.

0 comments:

Post a Comment